RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah :
MTs. Tajul Ulum
Kelas/Semester : IX
(sembilan)/Semester 1
Mata Pelajaran :IPA
(Ilmu Pengetahuan AlamTerpadu)
Standar Kompetensi :
Memahami konsep kelistrikan dan
penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
Kompetensi Dasar :
Menjelaskan hubungan energi dan daya listrik serta pemanfaatannya
dalam kehidupan
Indikator :
1.
Menjelaskan konsep energi listrik
dan perubahannya
2.
Menghitung besar energi yang
digunakan pada suatu rangkaian listrik
3.
Menghitung energi yang dibutuhkan
tiap hari di rumah masing-masing
4.
Mengetahui cara-cara menghemat
energi
Alokasi Waktu : 4 x 40 menit(2 x pertemuan)
A.
Tujuan
Pembelajaran :
Peserta didik
dapat : Peserta didik mampu menjelasakan konsep kelistrikan dan mengaplikasikannya
di rumah dan kehidupan masing-masing.
B.
Materi
Pembelajaran : Energi dan Daya Listrik
C.
Metode
Pembelajaran :
1.
Model Pembelajaran : Direc
Intruction
2.
Metode : Ceramah dan penugasan
D.
Langkag-langkah
kegiatan :
1.
Pertemuan
pertama
a.
Kegiatan Pendahuluan
:
-
Guru memberi salam kepada peserta
didiknya
-
Guru mengecek kehadiran peserta
didiknya
-
Memotivasi
Ø
Alat-alat apa saja di rumah kalian
yang menggunakan energi listrik?
Ø
Bagaimana sifat-sifat dari alat-alat
tersebut?
b.
Kegiatan Inti
-
Guru menyebutkan alat-alat
elektronik yang ada di lingkunngan sekitar tempat pelaksaan pembelajaran
-
Guru menjelaskan konsep perubahan
energi pada masing-masing alat.
-
Guru menjelaskan tentang hukum
kekekalan energi yang dipadukan dengan aturan kesetaraan energi listrik dengan
energi kalor
-
Guru menjelaskan tentang perhitungan
besarnya energi pada masing-masing alat listrik tersebut dan memberi contoh
soal
-
Guru mengevaluasi keberhasialn cara
pengajarannya dengan cara pemberian soal-soal latiahan
-
Guru bersama pesreta didik membahas
dan mengkoreksi hasil pengerjaan peserta didik dengan cara dikoreksi oleh teman
yang lainnya, yang penting pekerjaanya tidak di koreksi oleh peserta didik
tersebut.
-
Guru memberikan nilai dan
memasukkannya ke daftar nilai harian.
c.
Kegiatan
Penutup
-
Guru memberikan tugas rumah berupa
soal dan lembar portofolio kepada pesrta didik untuk dipelajari lebih dulu dan
didemonstrasikan pada pertemuan selanjutnya
-
Guru memberi salam kepada peserta
didik dan meninggalkan ruangan
2.
Pertemuan kedua
a.
Kegiatan
Pendahuluan
-
Guru memberi salam kepada peserta
didiknya
-
Guru mengecek kehadiran peserta
didiknya
-
Memotivasi
Ø
Bisakah kalian mengukur pengeluaran
energi listrik di rumah kita masing-masing setiap harinya?
d.
Kegiatan Inti
-
Guru menjelaskan tentang daya
listrik dan memberi contoh soal tentang daya listrik
-
Guru menjelaskan tentang cara
menghitung pengeluaran energi litrik di suatu rumah pada setiap harinya/setiap
bulannya dan juga cara mencari tahu pengeluaran biaya setiap harinya untuk membayar
energi listrik yang telah digunakan kepada PLN dan memberi contoh soal
-
Guru mengevaluasi keberhasialn cara
pengajarannya dengan cara pemberian soal-soal latiahan
-
Guru bersama pesreta didik membahas
dan mengkoreksi hasil pengerjaan peserta didik dengan cara dikoreksi oleh teman
yang lainnya, yang penting pekerjaanya tidak di koreksi oleh peserta didik
tersebut.
-
Guru memberikan nilai dan
memasukkannya ke daftar nilai harian.
e.
Kegiatan
Penutup
-
Guru memberikan tugas rumah berupa
soal dan lembar portofolio kepada pesrta didik untuk dipelajari lebih dulu dan
didemonstrasikan pada pertemuan selanjutnya
-
Guru memberi salam kepada peserta
didik dan meninggalkan ruangan
E.
Sumber belajar
1.
Kanginan, Marthen . IPA FISIKA
untuk kelas IX . Jakarta : Erlangga . 2006
2.
Purwanto, Budi.Fisika 3 untuk
kelas IX SMP dan MTs .Solo : PT. Tiga Serangkai Pustaka Mandiri.2009
3.
Lembar Kerja Siswa, Nuri(Pengetahuan
Alam FISIKA). Surakarta : PUTRA NUGRAHA.2006
4.
Penilaian
1.
Teknik penilaian
Tes tertulis dan Tes penugasan
2.
Bentuk instrumen
Tes esai/PG dan portopolio
3.
contoh instrumen
a.
Tes Tertulis
1.
Sebuah alat pemanas bertuliskan 220
volt, jika arus yang mengalir 4A, maka energi yang dibebasakan selama 20 menit
adalah?
Kunci : 1.056 Kj
Skor : 1
2.
Sebutka alat energi yang dapat
mengubah energi listrik menjadi energi kalor?
Kunci : setrika
Skor : 1
b.
Portofolio
PERANGKAT
PENILAIAN PORTOFOLIO
Aspek :
KINERJA ILMIAH 1
1.
Tujuan : Menjelaskan konsep energi
listrik dan perubahannya.
2.
Dasar Teori : lihat lembar
informasi mengenai besar energi listrik.
3.
Alat dan Bahan :
a.
Lampu pijar
b.
Setrika
c.
Sumber arus listrik
4.
Cara kerja :
a.
Lampu pijar
1.
Merangkai lampu pijar, baterai dan
saklar seperti gambar di bawah ini
2.
Menjelaskan bentuk perubahan pada
lampu tersebut.
b.
Setrika
1.
Menghubungkan setrika dengan stop
kontak kurang lebih 3 menit
2.
Merasakan apa yang terjadi pada
setrika
3.
Menjelaskan bentuk perubahan
energi yang terjadi pada setrika
5.
Siswa mengamati perubahan yang
terjadi pada lampu dan setrika kemudian guru bersama peserta didik
mendiskusikan hasil demonstrasi tersebut.
|
||||||
No.
|
Aspek
Penilaian
|
Nilai
|
||||
K
|
C
|
B
|
SB
|
|||
A.
|
Performance
|
|
|
|
|
|
|
1.
Kesesuaian dngan prosedur
|
|
|
|
|
|
|
2.
Kecermatan
|
|
|
|
|
|
|
3.
Ketelitian mengguanakan alat dan
bahan
|
|
|
|
|
|
|
4.
Kerapian
|
|
|
|
|
|
|
5.
Efektifitas waktu
|
|
|
|
|
|
B.
|
Hasil
|
|
|
|
|
|
|
1.
Kelengkapan data
|
|
|
|
|
|
|
2.
Analisis data
|
|
|
|
|
|
|
3.
Kelengkapan laporan
|
|
|
|
|
|
|
4.
Kesimpulan
|
|
|
|
|
|
|
5.
Efektifitas waktu
|
|
|
|
|
Ket. K = <6 C = 6-7 B
= 8 SB = 9
Grobogan,
3 April 2012
Mengetahui,
Kepala
sekolah MTs. Tajul Ulum Guru
Mata Pelajaran
Ali
Mas’udi,S.Pd. Sumiatul
Mahmudah
NIP. NIP.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar