Selasa, 12 Juni 2012

RPP Kuat Arus Listrik


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                                   : MTs. Tajul Ulum
Kelas/Semester                       : IX (sembilan)/Semester 1
Mata Pelajaran                      :IPA (Ilmu Pengetahuan AlamTerpadu)
Standar Kompetensi :
Memahami konsep kelistrikan dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
Kompetensi Dasar :
Mendiskripsikan prinsip kerja elemen dan arus listrik yang ditimbulkan serta penerapannya dalam kehidupan.
Indikator :
1.      Menjelaskan pengertian arus listrik
2.      Menjelaskan sumber-sumber arus listrik
3.       Menjelaskan gaya gerak listrik sumber listrik (rangkaian seri dan paralel)
4.       Menggunakan ampermeter dan voltmeter dengan benar dan tepat
Alokasi Waktu : 6 x 40 menit(3 x pertemuan)
A.       Tujuan Pembelajaran :
Peserta didik dapat : peserta didik dapat memahami konsep tentang arus, baik pengertian, sumber-sumber penyusunnya, cara perhitungannya dan cara penariannya dengan cara pengiukuran.
B.       Materi Pembelajaran : Sunber Arus Listrik
C.       Metode Pembelajaran :
1.      Model Pembelajaran : Direc Intruction
2.      Metode : Ceramah dan penugasan
D.       Langkag-langkah kegiatan :
1.      Pertemuan pertama
a.       Kegiatan Pendahuluan :
-          Guru memberi salam kepada peserta didiknya
-          Guru mengecek kehadiran peserta didiknya
b.      Kegiatan Inti
-          Guru melakukan contoh demonstrasi dengan menggu nakan pipa selang yang dialiri oelh air sebagai gambaran rentang kawat yang dialiri air.
-          Guru menjelaskan tentang arus listrik, konsep tentang arus, dan rumus perhitungannya.
-          Guru menjelaskan tentang cara perangkaian suatu rangkaian listrik yang terdiri dari hambatan, tegangan awal, alat pengukurnga (ampermeter dan volt meter)
-          Guru bersama peserta didik melakukan praktikum dengan menggunakan amperemeter dan voltmeter untuk mencari besarnya arus dan tegangan.
-          Guru menyimpulkan praktikum yang telah dilakukan.
-          Guru mengevaluasi keberhasialn cara pengajarannya dengan cara pemberian soal-soal latiahan
-          Guru bersama pesreta didik membahas dan mengkoreksi hasil pengerjaan peserta didik dengan cara dikoreksi oleh teman yang lainnya, yang penting pekerjaanya tidak di koreksi oleh peserta didik tersebut.
-          Guru memberikan nilai dan memasukkannya ke daftar nilai harian.
c.       Kegiatan Penutup
-          Guru memberikan tugas rumah berupa soal kepada pesrta didik untuk dipelajari lebih dulu dan didemonstrasikan pada pertemuan selanjutnya
-          Guru memberi salam kepada peserta didik dan meninggalkan ruangan
2.      Pertemuan kedua
a.    Kegiatan Pendahuluan :
-          Guru memberi salam kepada peserta didiknya
-          Guru mengecek kehadiran peserta didiknya
b.    Kegiatan Inti
-          Guru mnemberikan berbagai macam benda yang terdiri dari baterai,elemen volta dan aki menunjukkannya kepada peserta didiknya.
-          Guru menjelaskan tentang macam-macam tegangan dan sumber-sumbernya.
-          Guru menjelaskan bahwa baterai, elemen volta dan aki merupakan sumber tegangan listrik dan menjelaskan bagian-bagian penyusunnya
-          Guru menjelaskan kelemahan dan kelebihan dari bateri, elemen volta, dan aki sebagi sumber tegangan
-          Guru menjelaskan tentang gaya gerak listrik dan rumus cara mencarinya
-          Guru mengevaluasi keberhasilan cara pengajarannya dengan cara pemberian soal-soal latiahan
-          Guru bersama pesreta didik membahas dan mengkoreksi hasil pengerjaan peserta didik dengan cara dikoreksi oleh teman yang lainnya, yang penting pekerjaanya tidak di koreksi oleh peserta didik tersebut.
-          Guru memberikan nilai dan memasukkannya ke daftar nilai harian.
c.    Kegiatan Penutup
-          Guru memberikan tugas rumah berupa soal kepada pesrta didik untuk dipelajari lebih dulu dan didemonstrasikan pada pertemuan selanjutnya
-          Guru memberi salam kepada peserta didik dan meninggalkan ruangan
3.      Pertemuan ketiga
d.    Kegiatan Pendahuluan :
-          Guru memberi salam kepada peserta didiknya
-          Guru mengecek kehadiran peserta didiknya
e.    Kegiatan Inti
-          Guru memperkenalkan alat ampermeter dan voltmeter
-          Guru mengajak peserta didik melakuakn demonstrasi dengan mengukur arus dan tegangan pada suatu rangkaian listrik
-          Guru menjelaskan cara mencari besarnya arus dan tegangan yang terukur dengan arus dan tegangan yang sebenarnya
-          Guru mengevaluasi keberhasilan cara pengajarannya dengan cara pemberian soal-soal latiahan
-          Guru bersama pesreta didik membahas dan mengkoreksi hasil pengerjaan peserta didik dengan cara dikoreksi oleh teman yang lainnya, yang penting pekerjaanya tidak di koreksi oleh peserta didik tersebut.
-          Guru memberikan nilai dan memasukkannya ke daftar nilai harian.
f.     Kegiatan Penutup
-          Guru memberikan tugas rumah berupa soal kepada pesrta didik untuk dipelajari lebih dulu dan didemonstrasikan pada pertemuan selanjutnya
-          Guru memberi salam kepada peserta didik dan meninggalkan ruangan

E.       Sumber belajar
1.      Kanginan, Marthen . IPA FISIKA untuk kelas IX . Jakarta : Erlangga . 2006
2.      Purwanto, Budi.Fisika 3 untuk kelas IX SMP dan MTs .Solo : PT. Tiga Serangkai Pustaka Mandiri.2009
3.      Lembar Kerja Siswa, Nuri(Pengetahuan Alam FISIKA). Surakarta : PUTRA NUGRAHA.2006
4.        Penilaian
1.      Teknik penilaian
-          Tes tertulis
-          Tes penugasan
2.      Bentuk instrumen
-          Tes esai/PG
-          portopolio
3.      contoh instrumen
a.       Tes Tertulis
1.        Muatan listrik sebesar 300 C berpindah dalam penghantar selama 0,2 menit.
   Berapakah kuat arusnya. . . . ?
   Kunci : 25 A
Skor : 1
2.        Alat untuk mengukur tegangan listrik yaitu......
   Kunci : voltmeter dipasang seri
Skor : 1


                                                                                    Grobogan, 3 April 2012

Mengetahui,                                                                            
Kepala sekolah MTs. Tajul Ulum                                            Guru Mata Pelajaran


Ali Mas’udi,S.Pd.                                                                     Sumiatul Mahmudah
NIP.                                                                                         NIP.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar