RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah :
MTs. Tajul Ulum
Kelas/Semester : IX
(sembilan)/Semester 1
Mata Pelajaran :IPA
(Ilmu Pengetahuan AlamTerpadu)
Standar Kompetensi :
Memahami konsep kelistrikan dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
Kompetensi Dasar :
Mendiskripsikan
prinsip kerja elemen dan arus listrik yang ditimbulkan serta penerapannya dalam
kehidupan.
Indikator
:
1.
Menjelaskan pengertian arus listrik
2.
Menjelaskan sumber-sumber arus
listrik
3.
Menjelaskan gaya gerak listrik sumber listrik
(rangkaian seri dan paralel)
4.
Menggunakan ampermeter dan voltmeter dengan
benar dan tepat
Alokasi Waktu : 6 x 40 menit(3 x pertemuan)
A.
Tujuan
Pembelajaran :
Peserta
didik dapat : peserta didik dapat memahami konsep tentang arus, baik pengertian,
sumber-sumber penyusunnya, cara perhitungannya dan cara penariannya dengan cara
pengiukuran.
B.
Materi
Pembelajaran : Sunber Arus Listrik
C.
Metode
Pembelajaran :
1.
Model Pembelajaran : Direc
Intruction
2.
Metode : Ceramah dan penugasan
D.
Langkag-langkah
kegiatan :
1.
Pertemuan
pertama
a.
Kegiatan Pendahuluan :
-
Guru memberi salam kepada peserta
didiknya
-
Guru mengecek kehadiran peserta
didiknya
b.
Kegiatan Inti
-
Guru melakukan contoh demonstrasi
dengan menggu nakan pipa selang yang dialiri oelh air sebagai gambaran rentang
kawat yang dialiri air.
-
Guru menjelaskan tentang arus
listrik, konsep tentang arus, dan rumus perhitungannya.
-
Guru menjelaskan tentang cara
perangkaian suatu rangkaian listrik yang terdiri dari hambatan, tegangan awal,
alat pengukurnga (ampermeter dan volt meter)
-
Guru bersama peserta didik melakukan
praktikum dengan menggunakan amperemeter dan voltmeter untuk mencari besarnya
arus dan tegangan.
-
Guru menyimpulkan praktikum yang
telah dilakukan.
-
Guru mengevaluasi keberhasialn cara
pengajarannya dengan cara pemberian soal-soal latiahan
-
Guru bersama pesreta didik membahas
dan mengkoreksi hasil pengerjaan peserta didik dengan cara dikoreksi oleh teman
yang lainnya, yang penting pekerjaanya tidak di koreksi oleh peserta didik
tersebut.
-
Guru memberikan nilai dan
memasukkannya ke daftar nilai harian.
c.
Kegiatan Penutup
-
Guru memberikan tugas rumah berupa
soal kepada pesrta didik untuk dipelajari lebih dulu dan didemonstrasikan pada
pertemuan selanjutnya
-
Guru memberi salam kepada peserta
didik dan meninggalkan ruangan
2.
Pertemuan kedua
a.
Kegiatan Pendahuluan :
-
Guru memberi salam kepada peserta
didiknya
-
Guru mengecek kehadiran peserta
didiknya
b.
Kegiatan Inti
-
Guru mnemberikan berbagai macam
benda yang terdiri dari baterai,elemen volta dan aki menunjukkannya kepada peserta
didiknya.
-
Guru menjelaskan tentang macam-macam
tegangan dan sumber-sumbernya.
-
Guru menjelaskan bahwa baterai,
elemen volta dan aki merupakan sumber tegangan listrik dan menjelaskan
bagian-bagian penyusunnya
-
Guru menjelaskan kelemahan dan
kelebihan dari bateri, elemen volta, dan aki sebagi sumber tegangan
-
Guru menjelaskan tentang gaya gerak
listrik dan rumus cara mencarinya
-
Guru mengevaluasi keberhasilan cara
pengajarannya dengan cara pemberian soal-soal latiahan
-
Guru bersama pesreta didik membahas
dan mengkoreksi hasil pengerjaan peserta didik dengan cara dikoreksi oleh teman
yang lainnya, yang penting pekerjaanya tidak di koreksi oleh peserta didik
tersebut.
-
Guru memberikan nilai dan
memasukkannya ke daftar nilai harian.
c.
Kegiatan Penutup
-
Guru memberikan tugas rumah berupa
soal kepada pesrta didik untuk dipelajari lebih dulu dan didemonstrasikan pada
pertemuan selanjutnya
-
Guru memberi salam kepada peserta
didik dan meninggalkan ruangan
3.
Pertemuan
ketiga
d.
Kegiatan Pendahuluan :
-
Guru memberi salam kepada peserta
didiknya
-
Guru mengecek kehadiran peserta
didiknya
e.
Kegiatan Inti
-
Guru memperkenalkan alat ampermeter
dan voltmeter
-
Guru mengajak peserta didik
melakuakn demonstrasi dengan mengukur arus dan tegangan pada suatu rangkaian
listrik
-
Guru menjelaskan cara mencari
besarnya arus dan tegangan yang terukur dengan arus dan tegangan yang
sebenarnya
-
Guru mengevaluasi keberhasilan cara
pengajarannya dengan cara pemberian soal-soal latiahan
-
Guru bersama pesreta didik membahas
dan mengkoreksi hasil pengerjaan peserta didik dengan cara dikoreksi oleh teman
yang lainnya, yang penting pekerjaanya tidak di koreksi oleh peserta didik
tersebut.
-
Guru memberikan nilai dan
memasukkannya ke daftar nilai harian.
f.
Kegiatan Penutup
-
Guru memberikan tugas rumah berupa
soal kepada pesrta didik untuk dipelajari lebih dulu dan didemonstrasikan pada
pertemuan selanjutnya
-
Guru memberi salam kepada peserta
didik dan meninggalkan ruangan
E.
Sumber belajar
1.
Kanginan, Marthen . IPA FISIKA
untuk kelas IX . Jakarta : Erlangga . 2006
2.
Purwanto, Budi.Fisika 3 untuk
kelas IX SMP dan MTs .Solo : PT. Tiga Serangkai Pustaka Mandiri.2009
3.
Lembar Kerja Siswa, Nuri(Pengetahuan
Alam FISIKA). Surakarta : PUTRA NUGRAHA.2006
4.
Penilaian
1.
Teknik penilaian
-
Tes tertulis
-
Tes penugasan
2.
Bentuk instrumen
-
Tes esai/PG
-
portopolio
3.
contoh instrumen
a.
Tes Tertulis
1.
Muatan listrik sebesar 300 C
berpindah dalam penghantar selama 0,2 menit.
Berapakah kuat arusnya. . . . ?
Kunci : 25 A
Skor : 1
2.
Alat untuk mengukur tegangan listrik
yaitu......
Kunci : voltmeter dipasang seri
Skor : 1
Grobogan,
3 April 2012
Mengetahui,
Kepala
sekolah MTs. Tajul Ulum Guru
Mata Pelajaran
Ali
Mas’udi,S.Pd. Sumiatul
Mahmudah
NIP. NIP.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar