RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah :
MTs. Tajul Ulum
Kelas/Semester : IX
(sembilan)/Semester 1
Mata Pelajaran :IPA
(Ilmu Pengetahuan AlamTerpadu)
Standar Kompetensi :
Memahami konsep kelistrikan dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
Kompetensi Dasar :
Menerapkam
konsep kelistrikan untuk memahami gejala-gejala listrik statis
Indikator :
1.
Menjelaskan tentang atom dan
prinsip-prinsip kerjanya
2.
Menjelaskantentang muatan listrik
dan sifat-sifatnya
3.
Menjelaskan induksi listrik dan aplikasinya
dalam kehidupan
4.
Menjelaskan tentang medan listrik dan
sifat-sifatnya
Alokasi Waktu : 6 x 40 menit(3 x pertemuan)
A.
Tujuan
Pembelajaran :
Peserta
didik dapat : peserta didik dapat memahami konsep tentang listrik statis,
muatan-muatan penyusun listrik, medan listrik dan aplikasinya dalam kehidupan
sehari-hari.
B.
Materi
Pembelajaran : Listrik Statis
C.
Metode
Pembelajaran :
1.
Model Pembelajaran : Direc
Intruction
2.
Metode : Ceramah dan penugasan
D.
Langkag-langkah
kegiatan :
1.
Pertemuan
pertama
a.
Kegiatan Pendahuluan :
-
Guru memberi salam kepada peserta
didiknya
-
Guru mengecek kehadiran peserta
didiknya
b.
Kegiatan Inti
-
Guru menjelaskan atom,
prinsip-prinsip, dan penyusunnya.
-
Guru mendemonstrasikan pengaris yang
digosok-gosokan dengan rambut kering kemudian didekatkan dengan sobekan kertas
yang kecil-kecil.
-
Guru mendiskusikan demonstrasinya
dengan peserta didik dan menyimpulkannya
-
Guru menjelaskan tentang
konsep-konsep muatan listrik dan sifat-sifatnya.
-
Guru mengevaluasi keberhasialn cara
pengajarannya dengan cara pemberian soal-soal latiahan
-
Guru bersama pesreta didik membahas
dan mengkoreksi hasil pengerjaan peserta didik dengan cara dikoreksi oleh teman
yang lainnya, yang penting pekerjaanya tidak di koreksi oleh peserta didik
tersebut.
-
Guru memberikan nilai dan
memasukkannya ke daftar nilai harian.
c.
Kegiatan Penutup
-
Guru memberikan tugas rumah berupa
soal kepada pesrta didik untuk dipelajari lebih dulu dan didemonstrasikan pada
pertemuan selanjutnya
-
Guru memberi salam kepada peserta
didik dan meninggalkan ruangan
2.
Pertemuan kedua
a.
Kegiatan Pendahuluan :
-
Guru memberi salam kepada peserta
didiknya
-
Guru mengecek kehadiran peserta
didiknya
b.
Kegiatan Inti
-
Guru menjelaskan tentang induksi
listrik dan prinsip kerjanya
-
Guru menjelaskan alat yang digunakan
untuk menginduksi aliran listrik, yaitu elestroskop
-
Guru menjelaskan tentang konsep
kilat yang menyambar pada sebuah rumah dan bagaimana pencegahannya agar
rumahnya tidak runtuh
-
Guru mengevaluasi keberhasilan cara
pengajarannya dengan cara pemberian soal-soal latiahan
-
Guru bersama pesreta didik membahas
dan mengkoreksi hasil pengerjaan peserta didik dengan cara dikoreksi oleh teman
yang lainnya, yang penting pekerjaanya tidak di koreksi oleh peserta didik
tersebut.
-
Guru memberikan nilai dan
memasukkannya ke daftar nilai harian.
c.
Kegiatan Penutup
-
Guru memberikan tugas rumah berupa
soal kepada pesrta didik untuk dipelajari lebih dulu dan didemonstrasikan pada
pertemuan selanjutnya
-
Guru memberi salam kepada peserta
didik dan meninggalkan ruangan
3.
Pertemuan
ketiga
d.
Kegiatan Pendahuluan :
-
Guru memberi salam kepada peserta
didiknya
-
Guru mengecek kehadiran peserta
didiknya
e.
Kegiatan Inti
-
Guru menjelaskan tentang medan
listrik
-
Guru menjelaskan tentang garis-garis
gaya listrik
-
Guru menjelaskan tentang potensial
listrik
-
Guru memberi contoh soal tentang
garis-garis gaya listrik
-
Guru mengevaluasi keberhasilan cara
pengajarannya dengan cara pemberian soal-soal latiahan
-
Guru bersama pesreta didik membahas
dan mengkoreksi hasil pengerjaan peserta didik dengan cara dikoreksi oleh teman
yang lainnya, yang penting pekerjaanya tidak di koreksi oleh peserta didik
tersebut.
-
Guru memberikan nilai dan
memasukkannya ke daftar nilai harian.
f.
Kegiatan Penutup
-
Guru memberikan tugas rumah berupa
soal kepada pesrta didik untuk dipelajari lebih dulu dan didemonstrasikan pada
pertemuan selanjutnya
-
Guru memberi salam kepada peserta
didik dan meninggalkan ruangan
E.
Sumber belajar
1.
Kanginan, Marthen . IPA FISIKA
untuk kelas IX . Jakarta : Erlangga . 2006
2.
Purwanto, Budi.Fisika 3 untuk
kelas IX SMP dan MTs .Solo : PT. Tiga Serangkai Pustaka Mandiri.2009
3.
Lembar Kerja Siswa, Nuri(Pengetahuan
Alam FISIKA). Surakarta : PUTRA NUGRAHA.2006
4.
Penilaian
1.
Teknik penilaian
-
Tes tertulis
-
Tes penugasan
2.
Bentuk instrumen
-
Tes esai/PG
-
portopolio
3.
contoh instrumen
a.
Tes Tertulis
1.
Peristiwa pemisahan muatan
listrikdari benda netral karena benda tersebut didekati benda lain yang
bermuatan listrik. . . . . .
A. Medan listrik C.
Induksi listrik
B.
Energi listrik D.
Potensial listrik
Kunci : Induksi listrik
Skor : 1
2.
Muatan listik 30 C terletak dalam
medan listrik yang kuat medannya sebesar 450 N/C. Besarnya gaya pada muatan
tersebut adalah. . . . .
A.
15.000 N C. 4.500 N
B.
13.500 N D. 900 N
Kunci : 13.500 N
Skor : 1
Grobogan,
3 April 2012
Mengetahui,
Kepala
sekolah MTs. Tajul Ulum Guru
Mata Pelajaran
Ali
Mas’udi,S.Pd. Sumiatul
Mahmudah
NIP. NIP.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar