RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah :
MTs. Tajul Ulum
Kelas/Semester : IX
(sembilan)/Semester 1
Mata Pelajaran :IPA
(Ilmu Pengetahuan AlamTerpadu)
Standar
Kompetensi :
Memahami
konsep kelistrikan dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
Kompetensi
Dasar :
Mendiskripsikan
prinsip kerja elemen dan arus listrik yang ditimbulkan serta penerapannya dalam
kehidupan
Indikator :
1.
Menjelaskan kuat arus dan potensial
listrik
2.
Membedakan bahan Konduktor dan
Isolator
3.
Menjelaskan hukum I Kirchof
4.
Mencari nilai hambatan pada
rangkaian seri dan paralel
Alokasi Waktu : 6 x 40 menit(3 x pertemuan)
A.
Tujuan
Pembelajaran :
Peserta
didik dapat :Menjelaskan tentang kuat arus, potensial listrik, hukum I Kirchof
, mencari besarnya hambatan pada suatu rangkaian baik seri maupun paralel dan membedakan bahan isolator dan
konduktor
B.
Materi
Pembelajaran : Listrik Dinamis
C.
Metode
Pembelajaran :
1.
Model Pembelajaran : Direc
Intruction
2.
Metode : Ceramah
D.
Langkag-langkah
kegiatan :
1.
Pertemuan
pertama
a.
Kegiatan Pendahuluan :
-
Guru memberi salam kepada peserta
didiknya
-
Guru mengecek kehadiran peserta
didiknya
b.
Kegiatan Inti
-
Guru menjelaskan konsep hukum Ohm
dan hubungan antara hambatan, beda potensial dan kuat arus
-
Guru menjelaskan tentang konsep arus
dan tegangan serta cara mencari nilai arus dan tegangannya
-
Guru menjelaskan tentang hambatan
dan faktor-faktor yang mempengaruhinya serta memberi contoh soal tentang
hambatan
-
Guru mengevaluasi keberhasialn cara
pengajarannya dengan cara pemberian soal-soal latiahan
-
Guru bersama pesreta didik membahas
dan mengkoreksi hasil pengerjaan peserta didik dengan cara dikoreksi oleh teman
yang lainnya, yang penting pekerjaanya tidak di koreksi oleh peserta didik
tersebut.
-
Guru memberikan nilai dan
memasukkannya ke daftar nilai harian.
c.
Kegiatan Penutup
-
Guru memberikan tugas rumah berupa
soal kepada pesrta didik untuk dipelajari lebih dulu dan didemonstrasikan pada
pertemuan selanjutnya
-
Guru memberi salam kepada peserta
didik dan meninggalkan ruangan
2.
Pertemuan kedua
a.
Kegiatan Pendahuluan :
-
Guru memberi salam kepada peserta
didiknya
-
Guru mengecek kehadiran peserta
didiknya
b.
Kegiatan Inti
-
Guru menjelaskan bahan konduktor dan
isolator serta contoh-contohnya
-
Guru menjelaskan tentang hukum I
Khirchof tentang Arus
-
Guru mengevaluasi keberhasilan cara
pengajarannya dengan cara pemberian soal-soal latiahan
-
Guru bersama pesreta didik membahas
dan mengkoreksi hasil pengerjaan peserta didik dengan cara dikoreksi oleh teman
yang lainnya, yang penting pekerjaanya tidak di koreksi oleh peserta didik
tersebut.
-
Guru memberikan nilai dan
memasukkannya ke daftar nilai harian.
c.
Kegiatan Penutup
-
Guru memberikan tugas rumah berupa
soal kepada pesrta didik untuk dipelajari lebih dulu dan didemonstrasikan pada
pertemuan selanjutnya
-
Guru memberi salam kepada peserta
didik dan meninggalkan ruangan
3.
Pertemuan
ketiga
d.
Kegiatan Pendahuluan :
-
Guru memberi salam kepada peserta
didiknya
-
Guru mengecek kehadiran peserta
didiknya
e.
Kegiatan Inti
-
Guru menjelaskan susuna pada
hambatan dan cara mencari hambatan penggantinya
-
Guru menjelaskan tentang rangkaian
seri dan paralel pada rangkaian beberapa hambatan
-
Guru memberi contoh soal tentang
rangkaian seri dan paralel hambatan
-
Guru mengevaluasi keberhasilan cara
pengajarannya dengan cara pemberian soal-soal latiahan
-
Guru bersama pesreta didik membahas
dan mengkoreksi hasil pengerjaan peserta didik dengan cara dikoreksi oleh teman
yang lainnya, yang penting pekerjaanya tidak di koreksi oleh peserta didik
tersebut.
-
Guru memberikan nilai dan
memasukkannya ke daftar nilai harian.
f.
Kegiatan Penutup
-
Guru memberikan tugas rumah berupa
soal kepada pesrta didik untuk dipelajari lebih dulu dan didemonstrasikan pada
pertemuan selanjutnya
-
Guru memberi salam kepada peserta
didik dan meninggalkan ruangan
E.
Sumber belajar
1.
Kanginan, Marthen . IPA FISIKA
untuk kelas IX . Jakarta : Erlangga . 2006
2.
Purwanto, Budi.Fisika 3 untuk
kelas IX SMP dan MTs .Solo : PT. Tiga Serangkai Pustaka Mandiri.2009
3.
Lembar Kerja Siswa, Nuri(Pengetahuan
Alam FISIKA). Surakarta : PUTRA NUGRAHA.2006
4.
Penilaian
1.
Teknik penilaian
-
Tes tertulis
-
Tes penugasan
2.
Bentuk instrumen
-
Tes esai/PG
-
portopolio
3.
contoh instrumen
a.
Tes Tertulis
1.
Sebuah kompor listrik dengan
hambatan 24 ohm menggunakan arus 5A. Beda potensial pada kompor listrik
tersebut?
Kunci : 120 volt
Skor : 1
2.
Sepotong kawat penghantar panjangnya
20 m, luas penampang 0,2 mm dan hambatan jenis kawat 0,4 ohm mm/m, maka besar
hambatan kawat adalah.....
Kunci : 40 ohm
Skor : 1
Grobogan,
3 April 2012
Mengetahui,
Kepala
sekolah MTs. Tajul Ulum Guru Mata Pelajaran
Ali
Mas’udi,S.Pd. Sumiatul
Mahmudah
NIP. NIP.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar