Selasa, 12 Juni 2012

RPP Lstrik Dinamis


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                                   : MTs. Tajul Ulum
Kelas/Semester                       : IX (sembilan)/Semester 1
Mata Pelajaran                      :IPA (Ilmu Pengetahuan AlamTerpadu)
Standar Kompetensi :
Memahami konsep kelistrikan dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
Kompetensi Dasar :
Mendiskripsikan prinsip kerja elemen dan arus listrik yang ditimbulkan serta penerapannya dalam kehidupan
Indikator :
1.      Menjelaskan kuat arus dan potensial listrik
2.      Membedakan bahan Konduktor dan Isolator
3.      Menjelaskan hukum I Kirchof
4.      Mencari nilai hambatan pada rangkaian seri dan paralel
Alokasi Waktu : 6 x 40 menit(3 x pertemuan)
A.       Tujuan Pembelajaran :
Peserta didik dapat :Menjelaskan tentang kuat arus, potensial listrik, hukum I Kirchof , mencari besarnya hambatan pada suatu rangkaian baik seri maupun  paralel dan membedakan bahan isolator dan konduktor
B.       Materi Pembelajaran : Listrik Dinamis
C.       Metode Pembelajaran :
1.      Model Pembelajaran : Direc Intruction
2.      Metode : Ceramah
D.       Langkag-langkah kegiatan :
1.      Pertemuan pertama
a.       Kegiatan Pendahuluan :
-          Guru memberi salam kepada peserta didiknya
-          Guru mengecek kehadiran peserta didiknya
b.      Kegiatan Inti
-          Guru menjelaskan konsep hukum Ohm dan hubungan antara hambatan, beda potensial dan kuat arus
-          Guru menjelaskan tentang konsep arus dan tegangan serta cara mencari nilai arus dan tegangannya
-          Guru menjelaskan tentang hambatan dan faktor-faktor yang mempengaruhinya serta memberi contoh soal tentang hambatan
-          Guru mengevaluasi keberhasialn cara pengajarannya dengan cara pemberian soal-soal latiahan
-          Guru bersama pesreta didik membahas dan mengkoreksi hasil pengerjaan peserta didik dengan cara dikoreksi oleh teman yang lainnya, yang penting pekerjaanya tidak di koreksi oleh peserta didik tersebut.
-          Guru memberikan nilai dan memasukkannya ke daftar nilai harian.
c.       Kegiatan Penutup
-          Guru memberikan tugas rumah berupa soal kepada pesrta didik untuk dipelajari lebih dulu dan didemonstrasikan pada pertemuan selanjutnya
-          Guru memberi salam kepada peserta didik dan meninggalkan ruangan
2.      Pertemuan kedua
a.    Kegiatan Pendahuluan :
-          Guru memberi salam kepada peserta didiknya
-          Guru mengecek kehadiran peserta didiknya
b.    Kegiatan Inti
-          Guru menjelaskan bahan konduktor dan isolator serta contoh-contohnya
-          Guru menjelaskan tentang hukum I Khirchof tentang Arus
-          Guru mengevaluasi keberhasilan cara pengajarannya dengan cara pemberian soal-soal latiahan
-          Guru bersama pesreta didik membahas dan mengkoreksi hasil pengerjaan peserta didik dengan cara dikoreksi oleh teman yang lainnya, yang penting pekerjaanya tidak di koreksi oleh peserta didik tersebut.
-          Guru memberikan nilai dan memasukkannya ke daftar nilai harian.
c.    Kegiatan Penutup
-          Guru memberikan tugas rumah berupa soal kepada pesrta didik untuk dipelajari lebih dulu dan didemonstrasikan pada pertemuan selanjutnya
-          Guru memberi salam kepada peserta didik dan meninggalkan ruangan

3.      Pertemuan ketiga
d.    Kegiatan Pendahuluan :
-          Guru memberi salam kepada peserta didiknya
-          Guru mengecek kehadiran peserta didiknya
e.    Kegiatan Inti
-          Guru menjelaskan susuna pada hambatan dan cara mencari hambatan penggantinya
-          Guru menjelaskan tentang rangkaian seri dan paralel pada rangkaian beberapa hambatan
-          Guru memberi contoh soal tentang rangkaian seri dan paralel hambatan
-          Guru mengevaluasi keberhasilan cara pengajarannya dengan cara pemberian soal-soal latiahan
-          Guru bersama pesreta didik membahas dan mengkoreksi hasil pengerjaan peserta didik dengan cara dikoreksi oleh teman yang lainnya, yang penting pekerjaanya tidak di koreksi oleh peserta didik tersebut.
-          Guru memberikan nilai dan memasukkannya ke daftar nilai harian.
f.     Kegiatan Penutup
-          Guru memberikan tugas rumah berupa soal kepada pesrta didik untuk dipelajari lebih dulu dan didemonstrasikan pada pertemuan selanjutnya
-          Guru memberi salam kepada peserta didik dan meninggalkan ruangan
E.       Sumber belajar
1.      Kanginan, Marthen . IPA FISIKA untuk kelas IX . Jakarta : Erlangga . 2006
2.      Purwanto, Budi.Fisika 3 untuk kelas IX SMP dan MTs .Solo : PT. Tiga Serangkai Pustaka Mandiri.2009
3.      Lembar Kerja Siswa, Nuri(Pengetahuan Alam FISIKA). Surakarta : PUTRA NUGRAHA.2006
4.        Penilaian
1.      Teknik penilaian
-          Tes tertulis
-          Tes penugasan
2.      Bentuk instrumen
-          Tes esai/PG
-          portopolio
3.      contoh instrumen
a.       Tes Tertulis
1.      Sebuah kompor listrik dengan hambatan 24 ohm menggunakan arus 5A. Beda potensial pada kompor listrik tersebut?
Kunci : 120 volt
Skor : 1
2.      Sepotong kawat penghantar panjangnya 20 m, luas penampang 0,2 mm dan hambatan jenis kawat 0,4 ohm mm/m, maka besar hambatan kawat adalah.....
Kunci : 40 ohm
Skor : 1


                                                                                    Grobogan, 3 April 2012

Mengetahui,                                                                            
Kepala sekolah MTs. Tajul Ulum                                            Guru Mata Pelajaran


Ali Mas’udi,S.Pd.                                                                     Sumiatul Mahmudah
NIP.                                                                                         NIP.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar