SILABUS
Sekolah : MTs. Tajul Ulum
Kelas : IX
Mata
Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam Terpadu
Semester : 1(Gasal)
Standar
Kompetensi : Memahami konsep kelistrikan dan penerapannya
dalam kehidupan sehari-hari
No.
|
Komp. Dasar
|
Materi Pokok
|
Strategi,
Metode dan Model
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
instrumen
|
|||||||
1.
|
1.2 Mendiskripsikan muatan listrik untuk memahami
gejala-gejala listrik statis serta kaitannya dengan kehidupan
|
Listrik Statis
1.
Susunan
Atom
2.
Muatan
Listrik
3.
Sifat-sifat
Muatan Listrik
4.
Induksi
Listrik
5.
Elektroskop
6.
Medan
Listrik
7.
Potensial
Listrik
|
1.
Pemberian
materi dengan metode ceramah.
2.
Demonstrasi
dan pemberian tugas portofolio
3.
Pemberian
tugas individual(soal-soal) dan pemberian pekerjaan rumah.
|
1.
Menjelaskan
unsur penyusun suatu Atom
2.
Menjelaskan
sifat-sifat muatan listrik
3.
Menjelaskan
konsep induksi listrik
4.
Menggunakan
elestroskop dengan benar
5.
Menjelaskan
medan dan potensial listrik
|
Tes tertulis, keaktivan di kelas, kedisiplinan dalam berangkat
dan pengumpulan tugas
|
Tes tertulis, portofolio dan penugasan
|
|
6x 40 menit ( 3x pertemuan)
|
1,2,3
|
2.
|
Mendiskripsikan prinsip kerja elemen dan arus listrik yang
ditimbulkan serta penerapannya dalam kehidupan
|
Listrik Dinamis
1.
Kuat
Arus Listrik dan Potensial Listrik
2.
Mengukur
Hambatan
3.
Hambatan
Penghantar
4.
Konduktor
dan Isolator
5.
Susunan
Hambatan
|
Mula-mula guru1. menjelaskan materi.Penjelasannya dengan metode
ceramah. Setelah itu guru mengecek keberhasilan pembelajarannya dengan cara
memberi kuis dan pemberian tugas rumah.
|
1.
Menjelaskan
kuat arus dan potensial listrik
2.
Membedakan bahan Konduktor dan Isolator
3.
Menjelaskan
hukum I Kirchof
4.
Mencari nilai hambatan pada rangkaian seri
dan paralel
|
Tes tertulis, keaktivan di kelas, kedisiplinan dalam berangkat
dan pengumpulan tugas
|
Tes tertulis dan penugasan
|
Tes isian dan tes identifikasi
|
6 x 40 menit ( 3x pertemuan)
|
1,2,3
|
3.
|
Menganalisis percobaan listrik Dinamis dalam suatu rangkaian
serta penerapannnya dalam kehidupan
|
Sumber Arus Listrik
1.
Pengertian
Arus Listrik
2.
Sumber
Arus Listrik
3.
Gaya
Gerak Listrik Sumber Arus
4.
Mengukur
Arus Listrik
Mengukur Beda Potensial
|
Guru menjelasakan materi dengan metode ceramah kemudian
berdiskusi dengan peserta didik tentang meteri tersebut. Setelah itu guru
menilai keberhasilan pembelajarannya dengan memberikan soal latihan.
|
Menjelaskan pengertian arus listrik
Menjelaskan sumber-sumber arus listrik
Menjelaskan gaya gerak
listrik sumber listrik (rangkaian seri dan paralel)
Menggunakan ampermeter dan
voltmeter dengan benar dan tepat
|
Tes tertulis, keaktivan di kelas, kedisiplinan dalam berangkat
dan pengumpulan tugas
|
Tes tertulis, portofolio dan penugasan
|
Tes isian dan tes identifikasi
|
6 x 40 menit (3x pertemuan)
|
1,2,3
|
4.
|
Menjelaskan hubungan energi dan daya listrik serta pemanfaatannya
dalam kehidupan
|
Energi dan Daya Listrik
1.
Besar
Energi Listrik
2.
Kesetaraan
Energi Listrik dengan Energi Kalor
3.
Daya
Listrik
4.
Cara-cara
menghemat Energi Listrik
|
1.
Guru
menyampaikan materi dengan metode ceramah dan penjelasan dengan papan tulis.
2.
Demonstrasi
dan pemberian tugas lembar portofolio
3.
Pemberian
soal/tugas dan pekerjaan rumah.
|
1.
Menjelaskan konsep energi listrik dan perubahannya
2.
Menghitung besar energi yang digunakan pada suatu rangkaian listrik
3.
Menghitung energi yang dibutuhkan tiap hari di rumah masing-masing
4.
Mengetahui
cara-cara menghemat energi
|
Tes tertulis, keaktivan di kelas, kedisiplinan dalam berangkat
dan pengumpulan tugas
|
Tes tertulis, portofolio dan penugasan
|
Tes isian dan tes identifikasi
|
4 x 40 menit (2x pertemuan)
|
1,2,3
|
Sumber Belajar
1.
Kanginan, Marthen . IPA FISIKA
untuk kelas IX . Jakarta : Erlangga . 2006
2.
Purwanto, Budi.Fisika 3 untuk
kelas IX SMP dan MTs .Solo : PT. Tiga Serangkai Pustaka Mandiri.2009
3.
Lembar Kerja Siswa, Nuri(Pengetahuan
Alam FISIKA). Surakarta : PUTRA NUGRAHA.2006
Grobogan, 3
April 2012
Mengetahui,
Kepala Sekolah MTs. Tajul Ulum Guru
Mata Pelajaran
Ali Mas’udi, S. Pd Sumiatul
Mahmudah
NIP. NIP.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar